PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN TEMA TERKAIT PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Posted by : Ir. Sulistiawati, M.Si.,
Pada Tanggal : 13-Jun-2020,00:13:09
Dilihat sebanyak : 65x
Didownload Sebanyak : 24x


ABSTRAK Kurikulum 2013 mengamanatkan pengembangan pembelajaran IPA terintegrasi dengan mata pelajaran lain. Intergrasi mata pelajaran tersebut salah satu caranya menggunakan tema. Diharapkan melalui pembelajaran IPA terpadu, peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung, sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan, dan memproduksi kesankesan tentang hal-hal yang dipelajarinya. Dengan demikian, peserta didik terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai konsep yang dipelajari secara menyeluruh (holistik), bermakna, otentik dan aktif.Cara pengemasan pengalaman belajar yang dirancang guru sangat berpengaruh terhadap kebermaknaan pengalaman bagi para peserta didik. Pembelajaran terpadu dalam IPA dapat dikemas dengan TEMA atau TOPIK tentang suatu wacana yang dibahas dari berbagai sudut pandang atau disiplin keilmuan yang mutlak dipahami dan dikenal peserta didik.Dalam pembelajaran IPA terpadu, suatu konsep atau tema dibahas dari berbagai aspek mata pelajaran dalam bidang kajian IPA.Misalnya tema lingkungan dapat dibahas dari sudut biologi, fisika, dan kimia.Pembahasan tema juga dimungkinkan hanya dari aspek biologi dan fisika, atau kimia dan biologi, atau fisika dan kimia saja. Dengan demikian melalui pembelajaran terpadu ini beberapa konsep yang relevan untuk dijadikan tema tidak perlu dibahas berulang kali dalam mata pelajaran yang berbeda, sehingga penggunaan waktu untuk pembahasannya lebih efisien dan pencapaian tujuan pembelajaran juga diharapkan akan lebih efektif. Keterpaduan mata pelajaran dapat mendorong guru untuk mengembangkan kreativitas tinggi karena adanya tuntutan untuk memahami keterkaitan antara satu materi dengan materi yang lain. Guru dituntut memiliki kecermatan, kemampuan analitik, dan kemampuan kategorik agar dapat memahami keterkaitan atau kesamaan materi maupun metodologi. Diharapkan dengan mengangkat tema seperti ini dapat mudah difahami oleh peserta didik. Dengan cara seperti ini diharapkan dapat meningkatkan literasi sains siswa.

Download