PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG

Posted by : Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si., M.Pd,
Pada Tanggal : 02-Jun-2020,09:13:54
Dilihat sebanyak : 64x
Didownload Sebanyak : 25x


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematis siswa melalui pembelajaran berbasis kontekstual di kelas VIII SMP Negeri 3 Palembang. Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pretest-posttest one group design dengan siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 3 yang berjumlah 32 orang sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes melalui melalui uji kompetensi kemampuan pemahaman konsep, penalaran matematis, dan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematis siswa. Dari hasil analisis pretest dan postest didapatkan rata-rata nilai gain ternormalisasi sebagai besarnya peningkatan yaitu sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Untuk mengetahui signifikansi peningkatan kemampuan matematis siswa maka dilakukan uji-t. Nilai thitung = 22,54, sedangkan ttabel = 2,03, sehingga thitung > ttabel pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,5). Dengan demikian ada peningkatan kemampuan matematis siswa secara signifikan. Kata kunci: kemampuan matematis siswa, pembelajaran kontekstual

Download