KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL DI SMP NEGERI 3 PALEMBANG

Posted by : Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si., M.Pd,
Pada Tanggal : 02-Jun-2020,09:10:25
Dilihat sebanyak : 42x
Didownload Sebanyak : 20x


Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika melalui pembelajaran berbasis kontekstual di SMP Negeri 3 Palembang. berbasis pembelajaran kontekstual untuk SMP. Keefektifan Pembelajaran yang dimaksud adalah tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan dan sasarannya dengan menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari efektivitas dalam proses pembelajaran, yaitu aktivitas siswa relatif tinggi respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan efektivitas dalam hasil belajar yaitu ketuntasan belajar secara klasikal. Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (one shot case study) dengan siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 3 yang berjumlah 34 orang sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mengetahui tingkat aktivitas melalui lembar observasi selama pembelajaran berlangsung, respon melalui angket dengan skala likert, dan hasil belajar siswa melalui uji kompetensi kemampuan pemahaman konsep, penalaran matematis, dan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa aktif mengikuti pelajaran dengan rata-rata keaktifan sebesar 77,85% dalam kategori tinggi. Dari hasil angket diketahui respon siswa melalui sebesar 75,03% dengan kategori positif. Sedangkan siswa yang mencapai nilai 65 adalah sebanyak 28 siswa dengan persentase ketuntasan 87,5%. Ini berarti dari hasil belajar telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu sebesar 60%. Kata kunci: keefektifan pembelajaran, pembelajaran kontekstual

Download