MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEPECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Posted by : Nyiayu Fahriza Fuadiah, S.Si., M.Pd,
Pada Tanggal : 02-Jun-2020,09:04:51
Dilihat sebanyak : 54x
Didownload Sebanyak : 19x


Salah satu tujuan dari mata pelajaran matematika di sekolah menengah pertama adalah siswa diharapkan dapat memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Beberapa hasil studi mengungkapkan rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis yang berkaitan dengan soal-soal non rutin yang berimbas pada nilai mata pelajaran matematika yang masih rendah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan, dan kecukupan unsur yang diperlukan; mampu membuat/menyusun model matematika; dapat memilih dan mengembangkan strategi pemecahan; serta mampu menjelaskan dan memeriksa kebenaran jawaban yang diperoleh. Pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan mengajukan masalah kontekstual siswa dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna nabi siswa. Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran kontekstual

Download