CAMPUR KODE MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2 (PPL 2) UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP PGRI 1 PALEMBANG

Posted by : Dr. Siti Rukiyah, M.Pd,
Pada Tanggal : 29-May-2020,18:59:56
Dilihat sebanyak : 65x
Didownload Sebanyak : 17x


Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan wujud campur kode mahsiswa PPL 2 dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMP PGRI 1 Palembang. Sumber data penelitian ini adalah tututran-tuturan yang digunakan mahasiswa PPL 2 dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa wujud campur kode yang digunakan berupa penyisispan unsur kata, penyisispan unsur frasa, danpenyisispan unsur pengulangan kata. Wujud campur kode yang dominan adalah unsur penyisispan kata. Wujud campur kode yang dominan adalah unsur penyisipan kata. Dan jenis campur kode yang dominan adalah campur kode ke dalam (inner code mixing) Kata kunci: campur kode, wujud campur kode, proses kegiatan belajar mengajar

Download