KEEFEKTIFAN MODEL LEMBAGA KATA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 AIR BATU KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN

Posted by : Dr. Yenny Puspita, M.Pd,
Pada Tanggal : 26-May-2020,14:00:02
Dilihat sebanyak : 44x
Didownload Sebanyak : 19x


Kemampuan membaca permulaan merupakan kegiatan pengenalan bunyi dengan unsur-unsur linguistik dan hubungan unsur linguistic dan makna. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan keefektifan model lembaga kata dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 1 Air Batu Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model lembaga kata lebih efektif digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 1 Air Batu Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 1 Air Batu Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 48 orang siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah model lembaga kata lebih efektif dibandingkan dengan konvensional dalam pembelajaran membaca permulaan kelas 1 SD Negeri 1 Air Batu Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes membaca. Berdasarkan hasil penelitian mengenai keefektifan model lembaga kata terhadap kemampuan membaca permulaain siswa kelas 1 SD Negeri 1 Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Diperoleh data nilai rata-rata pretes kelompok eksperimen sebesar 64,13 sedangkan rata-rata postes kelompok eksperimen 79,13. Sementara itu, nilai rata-rata pretes kelompok kontrol sebesar 56,00 sedangkan nilai rata-rata postes kelompok kontrol sebesar 61,4. Dengan demikian perbedaan yang signifikan dari kedua kelompok penelitian tersebut. Setelah dikonsultasikan thit (to).ttab/8,47.1,48 (db=48) pada tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model lembaga kata lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 1 air Air Batu Kecamatan Talang kelapa Kabupaten Banyuasin teruji kebenarannya/diterima. Dengan adanya pengaruh positif dari penggunaan model lembaga kata dalam pembelajaran membaca peermulaan siswa kelas 1 SD Negeri 1 Air Batu Kecamatan Talang kelapa Kabupaten Banyuasin dalam pembelajaran membaca permulaan. Oleh karena itu, penulis memberikan beberapa saran yaitu guru hendaknya menggunakan media pelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar dalam menyampaikan materi pelajaran serta menggunakan model lembaga kata dalam pembelajaran membaca permulaan dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci : Keefektifan Model Lembaga Kata, Teknik Konvensional

Download