PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKADENGAN MENGGUNAKAN PENILAIANSEBENARNYA (AUTHENTIC ASSESMEN) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 45 PALEMBANG

Posted by : Dr. Destiniar, M. Pd,
Pada Tanggal : 06-Sep-2019,21:25:11
Dilihat sebanyak : 39x
Didownload Sebanyak : 26x


Keberhasilan pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh perkembangan kemampuan intelektual saja, akan tetapi perkembangan seluruh aspek. Oleh sebab itu penilaian keberhasilan tidak hanya ditentukan oleh aspek hasil belajar sepperti hasil tes saja, akan tetapi juga proses belajar melalui penilaian nyata. Sampel dalam penilaian ini adalah siswa kelas 〖VIII〗_2 SMP Negeri 45 Palembang tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penilaian ini adalah metode eksperimen semu. Variabel dalam penilaian ini adalah hasil belajar siswa yang diterapkan selama dan sesudah proses pembelajaran matematikamenggunakan penilaian sebenarnya (Authentic assesment). Pengumpulan data dilakukan dengan alat authentic assesment berupa hasil karya (product), unjuk kerja (performence), penugasan (project), tes tertulis (paper and pencil tes). Dari hasil penelitian didapat bahwa hasil penilaian sebenarnya (auhenic assesment) yang dilakukan selama dan sesudah proses pembelajaran di SMP Negeri 45 Palembang dikatagorikan baik. Kata kunci : Authentict assesment

Download