PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 8 PALEMBANG

Posted by : Dr. Destiniar, M. Pd,
Pada Tanggal : 27-Aug-2019,19:17:53
Dilihat sebanyak : 45x
Didownload Sebanyak : 16x


Dalam proses pembelajaran selama ini interaksi yang terjadi antara guru dan siswa adalah interaksi satu arah. Keadaan ini tentu membua suasana pembelajaran menjadi monoton sehingga timbul kejenuhan dan kefasifan siswa dalam belajar dan pada akhirnya hasil belajar yang dicapai belum memuaskan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk merubah pola belajar tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran interaktif. Model ini merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada kerjasama siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika agar tidak membosankan. Dimana model ini merujuk kepada bentuk diskusi dan saling berbagi diantara peserta didik dan berguna untuk mengembangkan dan meningkatkan pola pikir dan daya pikir siswa terhadap objek yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran interakif di SMP Negeri 8 Palembang pokok bahasan macam-macam bentuk pemfaktoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kaegori one short case study. Pada penelitian ini kelas yang diteliti adalah kelas VIII5 di SMP Negeri 8 Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes kemudian dianalisis menggunakan teknik data deskriptif. Aktivitas siswa selama dierapkan model pembelajaran interaktif diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 77,284% dimana aktivitas yang dominan adalah aktivitas menulis dengan rata-rata 87,21% dan aktivitas yang paling rendah adalah aktivitas lisan dengan rata-rata 64,65%. Sedangkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran interaktif pokok bahasan macam-macam bentuk pemfaktoran tergolong baik, yaiu sebesar 76,85. Kata kunci : Model pembelajaran Interaktif, Aktivitas, Hasil Belajar

Download